Legenda yang Ogah Lepas Topengnya - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

21 February 2018

Legenda yang Ogah Lepas Topengnya

Rey Mysterio dan The Lucha Dragons merupakan dua contoh pegulat bertopeng lucha libre yang sukses di Smack Down. Mereka perlu berterimakasih kepada El Santo, yang mempopulerkan jenis gulat serba cepat khas Meksiko ini.

El Santo bernama asli Rodolfo Guzman Huerta. Ia merupakan tokoh budaya yang tak hanya populer, tapi juga menguasai gulat dan menjadi simbol Meksiko. Ia membintangi lebih dari 50 film saat masa jayanya.

El Santo  (thevintagenews.com)
Namanya meningkat sejak karakter seri animasi juga komik tentangnya dibuat. Ia digambarkan protagonis dalam kisah itu.

Tak Mau Lepas Topeng

Dengan topeng silver ciri khasnya, ia tidak perlu repot untuk makan, melihat, ataupun bernapas karena ada lubang di mata, mulut, dan hidungnya. Hal-hal itulah yang membuat Santo tak pernah mau melepas topengnya.

Konon, para fansnya tak pernah melihat wajahnya. Bahkan kolaborator maupun krunya tidak tahu seperti apa tampangnya. Pasalnya, El Santo menolak melepas topengnya bahkan saat rapat pribadi.

Ketika harus bepergian dengan krunya menggunakan pesawat terbang, Santo akan selalu berhati-hati memesan penerbangan yang berbeda. Jelas, tujuannya agar dirinya tidak terlihat oleh tim.

Siapa El Santo?

Rodolfo Guzman Huerta, lahir pada 23 September 1917. Ia menghabiskan masa kecilnya dengan bermain basket dan sepak bola Amerika. Bela diri pertama yang ia geluti ialah jujitsu dan gulat klasik. Ia pun memutuskan menjadi pegulat lucha libre.

Pada 1934, ia membuat debut profesional di ring gulat dengan nama Rudy Guzman. Nama itu dipilih karena Rudo dalam bahasa Spanyol berarti orang jahat.

Sejak saat itu, karir legendarisnya dimulai. Selama 1930-an itu juga, Guzman telah bertarung dengan berbagai nama.

Di antaranya seperti El Demonio Negro (setan hitam), El Hombre Rojo (manusia merah), dan El Murcielago II (kelelawar II). Namun karena nama itu, Santo menemukan masalah dengan pemilik nama El Murcielago asli, yakni Jesus Velazquez. Velazquez mengajukan banding atas komisi tinju dan gulat di Meksiko bahwa Guzman tidak dapat menggunakan namanya.

Oleh karena itu, Santo dengan saran managernya, mengadaptasi El Murcielago menjadi El Santo. Nama itu pertama kali dipakai dalam gulat di Arena Mexico pada 26 Juni 1942.

El Santo menjadi salah satu karakter buku komik yang ditulis oleh Jose G Cruz pada 1952. Popularitasnya meningkat di masyarakat bahkan dibanding-bandingkan dengan pahlawan, Kaliman.

Pada 1953, El Santo jadi jawara Meksiko setelah pertandingan besar melawan Black Shadow. Saat itu, Santo berhasil melepaskan topeng Black Shadow di atas ring. Untuk diketahui, dalam pertandingan antar lucha libre, lepasnya topeng merupakan kekalah terbesar. Karena itu juga, Black Shadow memutuskan pensiun.

Namun, kemenangan Santo segera diikuti dengan kekalahan bersejarah dari Blue Demon pada tahun yang sama. Kedua pegulat tersebut bermain bersama dalam sejumlah film aksi dan petualangan setelahnya. Isu pun beredar bahwa persaingan mereka akan berlangsung selamanya. Apalagi Santo diklaim tidak bisa menerima kekalahannya.

Blue Demon mencoba menarik topeng El Santo (wikimedia.org)
El Santo sendiri mendapat peran pertamanya di film Santo vs. the Evil Brain pada 1958. Karir dunia hiburannya terus meningkat hingga ia membintangi lebih dari 50 film. Di antaranya Santo Faces Death, Santo Vs. the Zombies, Santo Vs. Frankenstein’s Daughter, dan yang paling populer pada 1962, Santo Vs. the Vampire Women.

Ia menikah pada awal 1940 dengan seorang perempuan bernama María de Los Ángeles Rodríguez Montaño, dan punya 10 anak darinya. Karirnya sebagai pegulat dan aktor terus berlanjut sampai 1982.

Menjelang perpisahan yang berakhir seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-65, ia menggelar tur gulat. Selama itu juga, Santo masih berhasil menjaga topeng di wajahnya.

Akhirnya Lepas Topeng



Sampai tahun 1984, ia akhirnya membuka topengnya di depan publik dalam acara talk show "Contrapunto". Ia meninggal 10 hari kemudian (5 Februari) karena serangan jantung.

Santo begitu dikenang saat itu hingga sebuah patung bernama El Santo didirikan di kampung halamannya di Tulancingo. Patung-patung lainnya pun dibangun setelahnya di seluruh Meksiko.

Anak termuda Santo, Jorge Ernesto Guzmán Rodríguez, mengikuti jejak ayahnya menjadi pegulat. Menggunakan topeng perak juga, ia bertempur dengan nama El Hijo del Santo. Setelah pensiun pada tahun 2014, cucu Santo (dari anak-anaknya yang lain) mulai bergulat sebagai El Santo, Jr di Jepang.

Pada 23 September tahun ini, Google Doodle juga merayakan hari kelahiran El Santo yang ke-100. Seorang pengamat El Santo, Felipe Carrillo Montiel, menyebut Santo lebih dari sekadar karakter komik.

"Saat Amerika punya Superman, Batman atau Spider-Man, kami punya Rodolfo Guzman, El Santo, yang memerangi semua orang dari mumi sampai Nazi. Tapi tidak seperti pahlawan Amerika, ia adalah manusia sungguhan. Anda bisa membaca komiknya selama seminggu dan kemudian melihat dia bergulat pada akhir pekan di arena lokal," kata Montiel.


http://tecreview.itesm.mx


Sumber: thevintagenews.com

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!