Jangan Mau Dijajah Teknologi - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

21 February 2018

Jangan Mau Dijajah Teknologi




Di Indonesia, sudah menjadi hal lumrah jika berbicara soal teknologi. Kemajuan jaman yang pesat, membuat orang-orang bingung tak lagi tersesat --ada Google Map.

Namun dibalik semua kejayaan teknologi, tetap saja ada masalah-masalah yang mengiringi. Seperti yang paling lumrah, akibat kemajuan teknologi komunikasi yang semakin luas, orang semakin mudah berbuat jahat lewat media sosial: 

"Modus Jahat! Kenal di Sosmed, Ketemuan Kemudian Dibegal" 

Sampai.... 

"Kenal di Medsos, Kisah Hubungan Asmara Foto Syur DPRD Ernawati-Narapidana hingga Heboh"

Yuhuu

Ya bisa sekejam itulah efek kemajuan teknologi --komunikasi. Belum lagi efek teknologi lainnya yang bisa mencandukan pemakainya, seperti ketagihan bermain games, atau rela begadang mengotak-atik fitur gadget terbaru.

Semua itu tanda, bahwa meski di Indonesia sudah sangat akrab dengan teknologi, namun tidak semuanya merdeka dengan teknologi itu sendiri. 

Menurut sebuah penelitian dari Digital GFK Asia, perempuan Indonesia setidaknya menghabiskan waktu selama 5,6 jam per hari saat mengutak-utik layar smartphone mereka. Adapun pria Indonesia, setidaknya menghabiskan waktu selama 5,4 jam sehari dan membuka sekitar 47 aplikasi atau alamat website.

Apa yang akan terjadi jika selama 5 jam lebih itu, mereka hanya menundukkan kepala tanpa perduli sekitarnya. Layaknya zombie, mereka hidup tapi terlihat mati.

Padahal, seperti dikutip dari MeetDoctor.com, teknologi yang semakin canggih justru membuat otot dan otak tidak lagi digunakan secara maksimal. Akibatnya, daya ingat pun menurun. Apakah kalian mau, masih muda tapi daya ingat opung-opung (kakek-kakek dalam bahasa Batak)?

Itu sebabnya, sebaiknya kita dapat merdeka dengan teknologi itu sendiri. Tidak lagi dijajah untuk tunduk mengakui kelemahan kita atas kemajuan. Beberapa cara bisa kita lakukan agar kita menguasai teknologi, yakni seperti: 

1. Menjadi Jago Desain Grafis

Menjadi desainer adalah kegiatan yang cukup menjanjikan di jaman sekarang ini. Salah satunya, desainer logo. Bayangkan, akan ada banyak perusahaan dari kecil maupun besar yang lahir. Mereka pasti membutuhkan logo sederhana tapi keren yang berkarakter. Saat seperti itu, Anda bisa masuk mempromosikan diri sebagai si jago desain grafis, dengan bantuan teknologi sederhana seperti Adobe, dan menjualnya dengan harga yang menjanjikan.

Untuk diketahui bayaran seorang desain grafis dari yang cupu saja (junior), minimal Rp1,5 juta, untuk si jago? Pasti melampaui itu.

2. Belajar menguasai Media Sosial

Seorang yang menguasai media sosial akan lebih mudah terkenal. Contoh termudah adalah para Youtuber, yang sampai bisa buat film sendiri. Mereka memulainya dengan belajar memahami cara kerja media sosial. Mulai dari pembuatan konten menarik, hingga pemasaran lewat seluk beluk media sosial. 

Salah satu Youtuber sukses ialah Kevin Anggara. Memulainya sejak SMA, kini ia sudah bisa menghasilkan Rp21 juta hanya dari google adsense --belum penghasilan di luar Youtube.

3. Menguasai Software Ketik

Cara kuno yang bisa kita temui di tempat Photo Copy. Mereka biasanya akan menawarkan jasa ketik skripsi, tugas akhir, dan lain-lain.

Tapi jika Anda bisa melakukannya, mengapa mesti membiarkan uang itu mengalir ke mereka? Bukankah semakin banyak anak kuliah di jaman ini?

Untuk itu, dengan menguasai software ketik seperti MS Word, MS Excel, dan teman-temannya, maka bukan hal mustahil penghasilan tambahan untuk tabungan Anda semakin kencang.

4. Menguasai Internet

Setelah media sosial dan software, alangkah lebih indah ketika Anda menguasai internet. Dalam hal ini bukan hal teknis yang saya sampaikan, melainkan kontrol emosi dan keinginan bermain internet. Alangkah baiknya, untuk mengisi waktu luang, tidak harus lari ke internet. Kita bisa melakukan hal menarik lain seperti berbincang untuk melatih kemampuan komunikasi, atau bermain musik demi melatih motorik, atau bahkan menuliskan puisi untuk menarik hati doi.

Dengan begitu, Anda akan lebih terlatih untuk tidak kuatir saat tidak ada koneksi internet. Setelahnya, Anda akan lebih menguasai penggunaan internet kapanpun itu tanpa mengorbankan kehidupan nyata.

Jadi, jelas tidak rugi untuk merdeka dengan teknologi. Semua hal itu hanya sebagian cara untuk merdeka dengan teknologi. Sungguh indah bukan jika kita menguasai teknologi dan menghasilkan keuntungan bagi diri kita? Tidak lagi dijajah oleh teknologi itu sendiri, dan lebih produktif menjalani hari. Jangan mau dijajah ya, please jangan.

1 comment:

  1. Setuju sama judulnya, justru kita yang harus memanfaatkan teknologi dan social media tersebut menjadi alat yang ampuh untuk sukses. Salam Inspirasi.

    ReplyDelete

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!