Jangan Malas, Ayo Deteksi Gejala Kanker Payudara Sejak Dini! - Tuminesia - Baru Juga Cerdas

Panas

Post Top Ad

19 February 2018

Jangan Malas, Ayo Deteksi Gejala Kanker Payudara Sejak Dini!


Seperti yang sudah diketahui, Kanker payudara termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak yang dialami oleh perempuan Indonesia. 20,5%  korbannya adalah perempuan dan harus disadari bahwa 1% nya justru dialami oleh kaum pria.

waterwomansalliance.com

Namun sayangnya, kepedulian dan pemahaman atas bahaya kanker payudara di tengah masyarakat Indonesia masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan  masih banyaknya perempuan yang menjadi korban dari penyakit ganas ini. Selain itu, ketidakpahaman perempuan Indonesia akan pentingnya untuk konsisten melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis) menjadi bukti bahwa penyakit ganas ini masih akan menjadi resiko kematian yang besar di negara Indonesia.

Data riset Penyakit Tidak Menular (PTM) 2016 Kementerian Kesehatan menyatakan, 53,7% masyarakat Indonesia tidak pernah melakukan Sadari dan sebanyak 95,6% masyarakat tidak pernah menjalani sadanis yang dilakukan melalui pemeriksaan USG atau mamografi.

Upaya deteksi dini kanker payudara merupakan salah satu kunci keberhasilan penanganan kanker payudara. Mengingat bahwa hal ini mudah untuk dilakukan, deteksi dini diperlukan untuk mencegah resiko kanker payudara yang lebih besar lagi.

Sadari dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, Inspeksi dan Palpasi. Inspeksi adalah berdiri di depan cermin dengan pakaian bagian atas terbuka, lalu biarkan kedua lengan menggantung disisi tubuh dan angkat kedua lengan di samping kepala. Setelah itu, perhatikan bila ada kelainan atau benjolan pada payudara di tiap posisi tersebut.

Sedangkan Palpasi ialah perabaan di daerah payudara sendiri dalam posisi berbaring, lalu perhatikan kepadatan payudara dan rasakan bila ada benjolan di sekitar payudara dan ketiak.

Untuk lebih jelasnya, berikut gejala kanker payudara yang dapat dideteksi sejak dini ;
•    Benjolan di sekitar payudara tanpa disertai nyeri
•    Keluar darah atau cairan dari puting susu
•    Perubahan warna dan bentuk puting susu
•    Warna kemerahan dan pembengkakan kulit seperti kulit jeruk.

Kanker payudara adalah kanker yang paling banyak terjadi pada kaum perempuan, tetapi tidak menutup kemungkinan pria juga beresiko mengidap penyakit tersebut. Adanya kesadaran untuk mendeteksi gejala kanker payudara sejak dini merupakan usaha paling cepat dan mudah yang bisa dilakukan.

Kalau tidak sekarang, kapan lagi?
Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.
Ayo, cegah dan deteksi kanker payudara mulai dari sekarang!



Riset oleh Media Indonesia

No comments:

Post a Comment

Yuk berikan sudut pandangmu soal bahasan ini!